Kamis, Juli 17, 2008

Pembangunan Irigasi Terbaik Dunia di Peunaron


Pembangunan Irigasi di Peunaron yang kini sudah menjadi kecamatan baru dari hasil pemekaran kecamatan Serbajadi Lokop dimulai sejak Mei 1997 merupakan hasil dari kunjungan Wakil Presiden Try Sutrisno di Tahun 1994 dalam acara "Panen Raya".

"Impian warga Peunaron untuk mempunyai irigasi akan segera menjadi kenyataan"kata Setwilda Acehtimur saat itu (1997). Dibangunlah irigasi di Peunaron tepatnya di DK3 yang pengerjaannya mulai Mei 1997 dengan dana 6.4 M (Bandingkan saja kurs mata uang dgn sekarang ;)). sumber: Serambi Indonesia

Akan tetapi sampai saat ini irigasi itu belum dapat dinikmati sama sekali oleh warga sekitar karena memang belum dapat berfungsi sama sekali, kisah yang sangat menyedihkan pembangunan irigasi sudah 10 tahun lebih dengan dana yang tidak sedikit tapi tidak dapat dimanfaatkan sama sekali.

Ternyata impian warga Peunaron untuk mempunyai irigasi tetap menjadi impian gak menjadi kenyataan seperti kata bapak penjahat eh pejabat Aceh Timur ini. Makanya saya menuliskan judulnya Pembangunan Irigasi Terbaik Dunia di Peunaron karena pengerjaannya yang sudah 10 tahun lebih belum ada tanda-tanda akan selesai berarti ini menandakan irigasi yang dibuat memang sangat hebat sehingga butuh waktu yang sangat lama dan biaya yang sangat mahal.

Tidak cukup hanya di sini, tahun 2003 ternyata ada pelelangan lagi utk proyek yang satu ini dengan alokasi dana sekitar 3 M. sumber http://www.pu.go.id dan ditambah lagi dengan suntikan dana BRR (Badan Rehabilitasi dan Rekontruksi) pasca tsunami Aceh di tahun 2005 sumber http://www.danarrapbn.org

Tidak ada komentar: